Pengertian Gearbox atau Reducer

Sebelum menggunakan gearbox atau mungkin ingin mengetahui harga gearbox dari website gearboxelectro.com, ada baiknya kita mempelajari dulu pengertian gearbox itu sendiri. Apa fungsinya? Bagaimana aplikasinya? Artikel ini akan menjelaskan pengertian gearbox serta menjawab pertanyaan-pertanyaan ini agar kita dapat mengetahui fungsi dari gearbox.

pengertian gearbox atau reducer

Aplikasi Gearbox

Gearbox dalam bidang kebutuhan industri pabrik dan permesinan mempunyai fungsi sebagai pemindah tenaga dari tenaga penggerak (mesin diesel atau dynamo motor elektrik) ke mesin yang ingin dioperasikan.

Pengertian Gearbox

Gearbox adalah alat untuk menurunkan kecepatan putaran dari putaran asli, penggerak putaran asli itu sendiri biasa disebut dengan motor. Sedikit gambaran, kecepatan dari motor electrik dengan kecepatan standar 1400 rpm jika kita ingin mengurangi kecepatan tersebut harus memakai rangkaian gearbox agar bisa menentukan rpm yang di inginkan.

Setidaknya terdapat 2 alasan mengapa penggunaan gearbox dalam dunia industri memiliki peranan penting, selain mengurangi kecepatan motor, Gearbox juga merupakan alat penguat tenaga putaran yang diperoleh dari dinamo motor ataupun diesel.

Tanpa dibantu oleh gearbox yang sesuai, dinamo motor atau mesin diesel akan kesulitan untuk mengangkut barang-barang berat, karena jika dipaksakan malah dapat mengurangi usia atau bahkan merusak dinamo motor.

Cara Merawat Gearbox

Ada beberapa tips agar Gearbox tetap awet, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pilih produk dengan merk terbaik
  • Jangan asal murah yang penting jalan
  • Pastikan ada garansi resmi
  • Carilah gearbox di distributor resmi yang sudah bekerjasama
  • Sebelum membeli harus mengetahui spek yang di gunakan ini sudah sesuai beban / kebutuhan atau belum
  • Lakukan maintenance dengan baik bisa konsultasi dengan bagian engineering di perusahaan penjual

Harga Gearbox

Saat ini banyak gearbox yang tersedia dengan berbagai merk mulai dari Motovario Indonesia, Rossi Gearbox, MGM Brake Motor, Marelli Motori, hingga yang terbaru yang kami sediakan adalah Leroy Somer. Semua ini merk-merk ternama dari berbagai belahan dunia seperti made in Italia, made in jerman, made in jepang, made in amerika, sampai made in china.

Untuk sekarang sendiri yang lebih diminati adalah universal mounting atau setandar IEC, seperti WORM GEAR (NMRV), HELICAL GEAR, PARALLEL GEAR, BAVEL GEAR. Karena untuk jaman sekarang universal mounting dapat banyak di temukan dan spare part nya lebih mudah di dapat apalagi jaman sekarang industri pabrik banyak yang memakai barang-barang ini.

Dari mulai mesin conveyor, mesin mixer, mesin industry, mesin screw conveyor, mesin boiler,dll saat ini memakai pengerak yaitu motor electric dan di couple dengan gearbox. Jadi tinggal user yang menentukan pakai merk apa dan buatan mana.

Untuk harga gearbox sendiri sesuai dengan penjelasan diatas, sangat beragam tergantung merk, tipe, dan fungsinya. Anda dapat menghubungi tim kami untuk mendapatkan price list atau list harga gearbox.

Kesimpulan

Demikian tadi informasi mengenai pengertian gearbox atau reducer, semoga penjelasan yang kami jabarkan mudah dipahami agar dapat membantu memilih gearbox yang anda butuhkan.

Jika anda atau perusahaan anda membutuhkan konsultasi lebih lanjut mengenai perawatan atau harga gearbox dan gearmotor jangan sungkan untuk hubungi kami.

GearboxElectro.com jual gearbox dibawah PT. Multi Teknik Telaga Indonesia yang merupakan authorized distributor dari brand Motovario Indonesia, MGM Brake Motor, Rossi Gear, & Marelli Motori.

Hubungi kami jika ingin berkonsultasi atau ingin melakukan pemesanan:

Inggi Sudzen Syahrudin (Sales Engineer)
inggisudzen@gmail.com

Alamat: Jl. Daan Mogot 119 Blok C 12 Jakarta Pusat, DKI Jakarta 11510
Jam: Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu 09:00 – 17:00
Pelayanan pelanggan+628979493965

Share ke:
Facebook
Twitter
WhatsApp